Rabu, 19 Januari 2011

Changeling


oke oke,
harusnya sesuai janji pada posting sebelumnya (mammamia) aku membahas "Devil".
tapi sebelum membahas "Devil" atau film lainnya. aku ingin membahas film ini dulu.
selain karna aku baru saja nonton film ini kemarin, film ini juga memberikan banyak kesan untukku.
karna itu, ijinkan aku untuk membahas film berjudul changeling ini dlu. ok? :)



so, ini cover dvd changeling


CHANGELING
i just want to find my son!

Genre : Drama, history, mistery
Durasi : 141 menit

Christine collins -yangdiperankan angelina jolie- mendapatkan anaknya telah hilang saat ia pulang bekerja. maklum saja ia seorang single parent dan harus bekerja untuk mencari makan , sehingga walter collins sering ia tinggalkan sendirian dirumah. seharusnya hari itu sama seperti biasanya, tetapi walter menghilang entah kemana saat ia pulang.

meskipun telah ia cari ke mana-mana walter, anak laki-laki satu-satunya, tetap tidak dapat ia temukan. Dengan penuh rasa cemas christine melaporkan hilangnya walter ke polisi. namun beberapa waktu kemudian polisi belum dapat menemukannya juga...
sampai kira-kira sebulan kemudian datang sebuah kabar mengejutkan dari kepolisian.


walter ditemukan.


dan hidup.


hanya dengan bermodalkan harapan yang besar christine langsung mendatangi stasiun tempat walter akan datang. namun bukan walter yang ia temukan. Hanya seorang bocah yang datang
dan itu bukan anaknya.

Christine langsung menolak mengakui bocah itu adalah anaknya. Namun polisi kekeuh dan memaksa christine mengakui bahwa itu anaknya berdasarkan pengakuan anak itu sendiri. Christine dianggap tidak mengenali anaknya sendiri karena perubahan fisik selama rentang waktu sebulan itu dan rasa depresi yang ia alami.

Tapi naluri ibu tidak bisa dibohongi

christine yakin benar bocah itu bukan anaknya. Beberapa bukti juga mendukung kebenaran ceritanya meskipun polisi tidak mempercayai sama sekali cerita christine. Bahkan menuduh ia
mengalami gangguan kejiwaan. Meskipun mendapat tekanan dari berbagai arah christine bersikeras itu bukan anaknya dan tetap mencari walter yang ia yakini masih hilang.

Sebenarnya apa yang terjadi?

Bagaimana bisa walter berubah hanya karena hilang selama satu bulan? Ataukah kepolisian benar christine mengalami gangguan kejiwaan karena depresi?

film ini sangat menarik dan tidak membosankan untuk sebuah film berlatar belakang true story dan bisa dibilang sejarah. Karena kejadian ini sudah sangat lama sekali.

Akting angelina jolie juga sangat luar biasa disini. Aku jadi benar-benar mengerti mengapa dia seringkali disebutkan aktris yang berbobot. Dalam film ini aku bagai melihat seseorang yang berbeda dengan angelina jolie lainnya (dalam film lain). Dia juga dapat mengekspresikan dengan sangat baik bagaimana seorang "lady" pada masa itu saat marah, menangis, depresi, cara berjalan, berbicara, memegang tas, dan gerakan-gerakan lainnya. Hebat!

Film ini juga benar-benar mampu membawa emosi penonton naik turun dengan suasana keheningan yang seringkali diciptakan. dan satu hal yang paling luar biasa dari film ini adalah bagaimana gerakan seorang wanita dapat mengubah keadaan suatu kota dengan kegigihan dirinya dan naluri keibuannya. Terlebih lagi cerita ini benar-benar terjadi alias true story.

Karna itu tidak ada salahnya (bahkan sangat direkomendasikan) untuk menonton habis film ini. :D

ini ada beberapa foto (entah gambar) ibu beranak collins yang asli.
Aku temukan ini di internet.


Christine collins
seorang ibu yang tangguh



Walter Collins
Anak semata wayang Christine



Antara film dan kenyataan




Catherine dan walter "palsu" saat ditemukan


oke,
Yang berikut ini akan dipenuhi oleh spoiler. Karena itu bagi yang tidak ingin mengetahui keseluruhan jalan dan lebih suka menikmati sendiri dengan menonton filmnya, dianjurkan untuk membaca hanya sampai disini.



=====================SPOILER ALERT=========================



nah,
kalau kamu meneruskan membaca sampai sini, berarti kamu sudah siap dengan resiko mendengar jalan cerita dan bahkan mungkin ending dari film ini. ou yah, selain itu dibawah ini juga lepas dari review film diatas sendiri. intinya sih aku hanya ingin "curhat" tentang film ini. haha :D


Ada satu hal lagi yang sangat membuat aku terkesan dalam film ini. Selain karena cerita ini sungguh-sungguh terjadi dan kekuatan seorang wanita dapat merubah kebusukan hukum dalam suatu kota. Bagaimana campur tangan "sesuatu" membuat beberapa kasus terkuak. Bagaimana busuknya polisi-polisi di kota itu.... wanita-wanita salah tempat yang berada di rumah sakit jiwa... Pembunuhan anak-anak yang tidak pernah terkuak....


Bagaimana kalau kejadian itu tidak pernah terjadi?


Bagaimana kalau christine menyerah mencari anaknya dan merelakannya begitu saja?

apakah tetap akan ada sesuatu yang berubah? apakah tulang belulang anak-anak itu tetap akan ditemukan? apakah nama kota itu akan tetap berubah? aku rasa akan banyak sekali hal yang terlewatkan begitu saja jika christine menyerah.

keadaan kota tidak akan pernah berubah dan selalu berakhir dengan ketidak adilan dari kepolisian. bahkan mungkin akan banyak wanita-wanita tidak bersalah lagi yang dijebloskan ke rumah sakit jiwa hanya karena bermasalah dengan para polisi itu.

aku merasakan betapa luar biasanya disini. betapa ada suatu kekuatan hebat yang mendukung christine. baik dari luar atau dari dalam dirinya sendiri. tentu semua ini tidak akan terjadi kalau christine hanya duduk menangis di rumah dan meratapi anaknya yang hilang. Tapi ia tidak melakukan itu. Ia tidak pernah berhenti mencari anaknya. Bahkan sampai detik terakhir hidupnya.

rasanya seolah-olah memang ada rencana besar dibalik hilangnya walter. Bahkan walter sendiri telah menolong salah satu anak untuk lari dari rumah pembantaian itu. lagi-lagi aku ingin bertanya:

Bagaimana jika walter tidak pernah diculik? Akankah anak itu tetap selamat?

Entahlah. Tidak ada yang tahu...
yang aku tahu. kedua anak dan ibu ini telah menolong hidup banyak orang meskipun harus mengorbankan walter yang hilang sampai saat ini.

yah, aku bukan seorang pencerita yang baik. tapi semoga tulisan di atas ini dapat cukup menggambarkan betapa aku terkesan dengan film dan cerita ini. Dan terutama, dapat membuat kalian yang belum menonton jadi ingin melihat film ini... :D

Hanya satu yang kusayangkan dari keseluruhan film ini...
Sayang sekali walter tidak pernah ditemukan....


oh ya terakhir,
ini ada foto Gordon si sakit jiwa saat diadili...
ternyata sangat mirip dengan di film. haha



Pink-O-meter : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

1 komentar:

  1. Hanya saja..belum sy temukan berita...apakah walter collins akhirnya bisa ditemukan, atau memang benar2 sudah terbunuh oleh gordon ya...

    BalasHapus