Senin, 04 April 2011

Hidup dalam sekotak cokelat


kalau ditanya tentang film...
sudah banyak sekali film yang telah aku tonton.

mulai dari jaman aku hobi nonton film tom en jerry waktu msh segede kutil(haha) dulu sampe film2 ga jelas skarang-skarang ini :P tapi dari semua film yang aku tonton, selalu ada beberapa film yang meninggalkan bekas di memoriku dan sulit untuk aku lupakan. jelas kebanyakan adalah film dengan shocking ending favoritku. tapi juga bebrapa film yang sadar ga sadar mengandung sangat banyak makna di dalamnya.

salah satu film yang aku akan bahas adalah film yang dibintangi maha guru Tom Hank ini. banyak film2 besar yang sudah ia bintangi, dan selalu ada acungan jempolku di setiap filmnya (yang sudah aku tonton pastinya). selain acungan jempol, beberapa filmnya juga meninggalkan banyak jejak yang sulit dihapus dari otak dan hatiku(cieh)

salah satunya adalah film ini


film yang berjudul sama dengan tokoh utamanya ini telah menuai banyak penghargaan diantaranya adalah best picture, aktor terbaik, sutradara terbaik, dll. baiklah, akan aku ceritakan sedikit mengenai film yang (ternyata) diangkat dari novel ini.

forrest gump dilahirkan bukan dalam kondisi yang normal. IQ yang rendah dan kaki yang cacat mengundang banyak masalah dan ejekan dari sekitarnya. tapi, sangat beruntung dia memiliki ibu yang hatinya setegar karang. dan baginya semua anak adalah sama, tidak ada yang berbeda sekalipun cacat. berkat asuhan dari ibunya yang luar biasa itu tom hanks tumbuh menjadi seorang anak yang tidak minderan.

masuk ke bangku sekolah, forrest bertemu dengan jenny -yang pada akhirnya menjadi cinta pertama dan terakhirnya forrest. jenny adalah satu-satunya anak yang mau berbagi tempat duduk dengannya di bus sekolah, dengan segera mereka menjadi teman yang tidak terpisahkan, ditambah masalah dalam keluarga jenny membuat mereka semakin dekat. bersama jenny pada akhirnya forrest mengetahui bakat terpendamnya yang sebetulnya sulit kita bayangkan karena masa kecilnya.

berlari cepat.

tidak ada yang menyangka, forrest yang dilahirkan memiliki kaki lemah ternyata sangat cepat dalam berlari. saat forrest berlari tidak akan ada yang bisa mengejarnya, dan pihak kampus segera memanfaatkannya untuk tim olahraga rugby mereka. dengan segera forrest menjadi terkenal. tapi ketenaran bukan suatu hal yang penting untuk forrest. bagi forrest, jenny adalah segalanya. tapi bagi jenny, forrest terlalu baik baginya.

pada akhirnya seluruh hidup forrest selalu berkiblat kepada jenny, bahkan saat sedang perang di kamboja (kalau tidak salah :D)tetapi jenny sendiri selalu pergi dari sisi forrest dan mencari kebahagiaan kemana-mana.

oke, aku ga mau cerita banyak-banyak agar tidak menjadi spoiler.
jadi aku hentikan disini.

banyak sekali cerita yang bisa aku dapat disini. aku bahkan tidak pernah bosan mengulang film ini berpuluh-puluh kali. setiap kali selalu menyenangkan meskipun sudah tau dengan jelas adegan per adegan akan seperti apa. begitulah. ada banyak sekali film di dunia ini. tapi hanya beberapa yang dapat terpatri dengan dalam.

dan bagiku film ini terpatri dengan dalam sekali^^ salut bagi Mister Tom Hanks yang dapat memerankannnya dengan sangat baik.

film ini memang sudah sangat lama. tahun 1994. tapi aku yakin masih banyak orang yang belum menonton film ini. tapi jangan kuatir, tidak pernah ada kata terlambat untuk menonton film ini^^

ada satu buah quotes yang selalu menjadi trade mark film ini

"Life was like a box of chocolates.
You never know what you're gonna get."

aku selalu mengutip kata-kata ini meskipun tidak pernah benar-benar memahami artinya. yah, memahami sangat berbeda dengan mengerti. aku mengerti dengan jelas makna quotes ini, tapi aku tidak benar-benar meresapi maknanya dan memahaminya dengan dalam.

sampai seseorang bercerita padaku mengenai kisah hidupnya. dan saat itu aku benar-benar menyadari makna quotes sederhana ini. kita benar-benar tidak akan tahu apa yang terjadi di kemudian hari. kita bisa saja berencana ini itu, menabung, mempersiapkan ini itu.
tapi tidak ada yang bisa menjamin bahwa "nanti" akan berjalan sesuai keinginan dan planing kita. tidak satupun. karena kita tidak akan tahu apa isi coklat itu sampai kita memakannya sendiri.

yap. hidup adalah misteri bukan?
dan misteri adalah sesuatu yang menyenangkan.
kalau begitu mari bermain tebak-tebakan dan menikmati misteri kita masing-masing
dan berharap semoga misteri ini adalah misteri yang baik.

nite all^^
have a nice dream

3 komentar:

  1. i love this movie! one of my fave, dan uniknya lagi, justru film nya lebih keren dibandingkan novelnya. jarang2 tuh, hehehe...

    BalasHapus
  2. waaaaaa!!! *toooss
    iyakah? mba maya baca novelnya? aku malah baru2 ini tau klo ni film dri novel. wkwkwk

    green mile udah nonton? itu jg kereennn XD

    BalasHapus
  3. udah say, saya kan penggemar tom hanks juga :)
    hehehe....

    BalasHapus